Danau Taal Pesona Liburan Romantis di Filipina

informasi dan berita

Danau Taal Pesona Liburan Romantis di Filipina.

Referensi holiday – Danau Taal terletak di Tagaytay City, Provinsi Cavite, Filipina. Danau ini memiliki luas sekitar 30 kilometer persegi. Danau ini terbentuk akibat aktivitas erupsi yang luar biasa dari Gunung Taal. Badan Seismologi dan Vulkanologi setempat memperkirakan gunung ini mulai aktif pada 1572. Aktivitas terakhir tercatat pada 2004. Danau ini bisa dinikmati dari dekat dan kejauhan. Jika ingin menikmati danau ini dari jauh, Anda bisa melihatnya dari taman wisata Sky Ranch, yang masih berada di kompleks wisata Tagaytay City. Sky Ranch merupakan objek wisata berupa taman yang menyediakan wahana hiburan bagi keluarga, dengan latar belakang pemandangan Gunung Taal dan Danau Taal sebagai daya tarik utamanya. Jika ingin menuju Tagaytay City, Anda harus menempuh jarak 40 kilometer dari Manila. Diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam menggunakan transportasi berupa jeepney, kemudian disambung dengan bus antarkota jurusan Batangas atau Tagaytay City, dan turun di depan kampus Olivarez.

danau taal water
Saat sampai di Olivarez, Anda bisa memilih melihat Danau Taal dari dekat. Anda dapat menuju Sky Ranch menggunakan jeepney dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. Menuju ke Danau Taal, Anda dapat menumpang becak motor atau di Filipina dikenal dengan tricycle, dengan jarak tempuh 1 jam. Sky Ranch menyediakan wahana bernama Sky Eye. Di wahana permainan serupa roda raksasa ini, Anda bisa melihat keindahan pemandangan Danau Taal, ketika putaran roda gondola berada di puncak. Operator akan menurunkan kecepatan putaran menjadi sangat lamban agar pengunjung bisa berfoto sejenak, mengabadikan pemandangan Danau Taal yang berupa hamparan danau luas dikelilingi pegunungan, serta beberapa daratan pulau di tengah danau yang berupa bukit dan gunung. Ketika Anda ingin melihat Danau Taal dari sky eye, satu hal yang perlu diperhatikan ada kondisi cuaca. Jika cuaca sedang turun hujan, dan derah pegunungan diselimuti kabut akan sulit mendapatkan keindahan pemandangan yang sempurna dari Danau Taal.
Sky Ranch sebagai tempat rekreasi juga memiliki food court area, yang posisinya disediakan khusus untuk bisa melihat pemandangan Danau dan Gunung Taal. Danau Taal mungkin sebanding dengan Danau Toba di Sumatra Utara. Indah, sejuk dan romantis.

Oleh Ramadhan Muhammad, mahasiswa Philippine Christian University, Manila, Filipina.