Kekuatan Media Sosial Membangun Produk

informasi dan berita

Kekuatan Media Sosial Membangun dan Menjual Produk Secara Online.

Saat ini semua orang sudah mengetahui kekuatan dari media sosial. Orang yang tidak dikenal bisa menjadi terkenal hanya dalam waktu singkat berkat media sosial. Ingat Sinta dan Jojo dengan Keong Racun-nya? Atau Briptu Norman dengan lagu Chaiya-chaiya-nya? Kekuatan media sosial tidak kenal batasan maupun daerah. Banyak sekali media sosial yang populer dipakai orang, semisal Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram, dan lain-lain. Dengan media sosial, Anda bisa “bersuara” agar produk atau jasa Anda dikenal orang, hingga akhirnya dibeli mereka. “If you’re not consistent, you’re non existent!” jadi, kalau anda tidak konsisten, anda tidak ada. Dengan kata lain, anda tidak dikenal. Itulah sebab-sebabnya brand-brand besar mengeluarkan dana hingga miliaran rupiah untuk beriklan dimana-mana, walau brand-nya sudah dikenal luas. Siapa yang tidak mengenal Apple atau iphone? Lalu mengapa iklan iPhone Six dipajang hingga 4 papan iklan super jumbo di tol Bandara internasional Soekarno-Hatta. Jadi, mulai sekarang Anda harus secara konsisten bersuara di media sosial. Tujuannya, agar produk dan jasa Anda semakin dikenal orang, Anda dapat dipandang sebagai seorang pakar di bidangnya, dan brand Anda akan semakin lebih dipercaya. Artinya, akan lebih mudah untuk berjualan.
Tips dari Michael Hyatt. Seorang pakar membagi tips untuk membangun platform. Pertama, gunakan aplikasi untuk mengotomasi media sosial Anda. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda cari di internet untuk membantu dalam mengotomasi media sosial, seperti Bufferapp, Tweetdeck dari Twitter, Hootsuite, Coschedule dan Meetedgar. Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tadi untuk menjadwalkan posting Anda. Anda cukup menyiapkan semua bahan yang akan di posting. Kemudian Anda tinggal tentukan jadwal posting. Sesuaikan dengan karakteristik dari customer Anda. Pastikan jadwal konsisten, sehingga audiens bisa memastikan untuk menantikan posting Anda pada waktu tertentu. Kedua, promosikan blog spot Anda. Ketika anda membuat sebuah artikel, dan di posting di website Anda, tugas anda belum selesai. Anda tetap harus membagi posting Anda ke berbagai media sosial, tag post ke publik. Anda bisa lakukan tiga kali promosi dalam sehari. Inilah yang dimaksud dengan “bersuara keras” agar banyak orang dapat “mendengarkan anda”. Ketiga, review dan reply aktivitas media sosial Anda. Jadwalkan satu waktu khusus setiap hari untuk melihat komentar-komentar dan membalaskan. Tujuan dari review dan reply ini bukan untuk membalas semua komentar. Tapi agar anda bisa menjawab dan berkomunikasi dengan beberapa pelanggan. Dari sini akan muncul komunikasi dan rasa percaya dari pelanggan. Dari sini akan muncul komunikasi dan rasa percaya dari pelanggan. Bahkan anda bisa menangani beberapa keluhan dan melakukan service recovery di tahap ini. Keempat, post link dari berita-berita atau blog post yang menarik dan berhubungan dengan produk atau jasa Anda. Anda bisa update ilmu dan berita di bidang Anda. Pelanggan Anda pasti senang menerima informasi baru. Untuk membantu, Anda bisa menggunakan feedly untuk menarik semua berita yang berhubungan dengan bisnis Anda. Kelima, periksa media sosial Anda ketika dijadwalkan atau ketika sedang senggang. Jangan selalu memeriksa sosmed Anda, karena Anda akan jadi tidak produktif terhadap pekerjaan. Anda tidak hidup di medsos. Anda hanya menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi dengan dunia, dan membangun pelanggan yang setia. Jadi, hati-hati jangan sampai tersedot perhatian Anda oleh media sosial.
Akhirnya, orang-orang hanya akan mengikuti tokoh atau berita yang menarik. Jadi, buat konten dan bagikan hal-hal yang menarik bagi orang lain.