Strategi Menaikan Omset Bisnis Supaya Sukses

informasi dan berita

Strategi Menaikan Omset Profit Bisnis dan Perusahaan.

Kunci hidup Yeheskiel Zabua adalah hanya mengandalkan Tuhan dan kesederhanaan. Kunci hidup ini ditanamkan oleh ayahnya, yang seorang pendeta. Berawal dari forum jual-beli, kaskus, dia mulai merambah ke bisnis konvensional, menjual iPad hingga boneka. Dia juga menjual peralatan gitar hingga memiliki lisensi resmi sebagai agen penjual adaptor. Dari sana, pria kelahiran 20 juli 1992 yang akrab disapa Leo ini memiliki jiwa bisnis yang tangguh. Leo terlahir premature. Saat berusia 19 tahun, ibunya divonis kanker indung telur dan harus menjalani serangkaian kemoterapi selama 6 bulan. Dia lalu berusaha memenuhi upaya pengobatan ibunya. Dua tahun dia berusaha, tapi Tuhan memiliki kehendak lain. Di usia 21 tahun, Leo memimpin tiga perusahaan, yakni Volution Inspiring People (event organizer seminar dan pelatihan), Volution Travel Provider (agen perjalanan wisata yang sudah memiliki ratusan agen), dan Volution Property (agen property dan konsultan pemasaran properti). Sebagai seorang The Youngest Certified Guerrilla Marketing Coach in The World, Leo sering diundang untuk menjadi pembicara di seminar-seminar, dan berhasil melatih ribuan orang, mulai dari pengusaha, konsultan, developer, pegawai negeri sipil, hingga mahasiswa.
Kepada Majalah Arjuna, Leo menerangkan bagaimana rocket marketing bekerja. Menurutnya, ada 9 langkah sederhana, yakni select the target, unik untuk selangit, pooling database calon pelanggan, educating, promoting, pooling database pelanggan, jurus CECEP, repeat order dan happy. Select the target merupakan sebuah langkah awal dalam menjalankan bisnis, yakni menentukan target yang tepat dan jelas.
Ada empat alasan mengapa kita harus select the target, yaitu low cost, konversi tinggi, kalau bangkrut kita tinggal ganti produk, dan mudah dalam menentukan ekspansi bisnis. Unik untuk selangit berarti, bagaimana kita memberikan sebuah nilai yang lebih, atau membuat produk yang berbeda dibandingkan dengan competitor. Ada 3 cara yang bisa dilakukan, yakni memproduksi sendiri produknya, harga terjangkau dan pelayanan yang memuaskan. Pooling database calon pelanggan sangat penting, baik untuk bisnis online maupun offline. Mengapa sangat penting? Tujuannya agar kita bisa melakukan follow up calon pelanggan, semakin hari biaya marketing akan semakin murah dan uang yang bisa bergerak dengan cepat. Educating bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan kalau Anda adalah orang yang ahli di bidang produk yang Anda jual. Ada 4 pola mengedukasi, yakni tentukan periode pengiriman informasi kepada calon pelanggan, tentukan judul setiap informasi yang Anda berikan, selesaikan setiap materi edukasi, dan gunakan hukum 90:10 (90 berisi informasi dan 10 berisi promosi). Dalam promoting ada 6 alur sederhana yang bisa dilakukan, yakni shocking headline, benefit product, testimonial, bonus, harga special dan kontak bisnis. Pooling database pelanggan dijalankan setelah ada promoting dan penjualan. Fokus dalam rocket marketing adalah 60 persen focus mengelola pelanggan, 30 persen fokus kepada calon pelanggan sedangkan 10 persen kepada masyarakat luas.
Jurus Cecep, yakni communicating (berkomunikasi dengan pelanggan), educating (diedukasi kembali), congratulating (memberi ucapan selamat), evaluating (meminta masukan dari pelanggan), dan promoting (promosi kembali produk baru). Selanjutnya, Anda bisa repeat order dan pelanggan lama akan mau mengenalkan produk kepada para pelanggan baru. Happy adalah hal terakhir yang akan Anda dapatkan jika semua sudah Anda jalankan.
“Orang yang sukses adalah orang yang dapat mencapai sesuatu yang sebelumnya, dan orang sukses adalah orang yang dapat berbagi kepada orang lain bagaimana dia dapat mencapai yang diinginkan. Harapan saya, ini dapat membantu Anda dalam berbisnis. Atau jika Anda ingin belajar lebih jauh tentang rocket marketing,” katanya. (tulisan Rodjali O’Donoghue).