Laporan Harian Pasar, Prediksi Data Ekonomi Eropa Kurang Bagus

Laporan Harian Pasar, Prediksi Data Ekonomi Eropa Kurang Bagus.

Para pelaku pasar pada hari ini akan focus terhadap data PMI yang dirilis oleh banyak negara di dunia termasuk Australia dan negara di kawasan Uni Eropa. Diprediksi data PMI membaik karena mulai terjadi pelonggaran penguncian dibanyak negara di dunia. Keadaan ini tentunya akan membuat aktivitas bisnis dan jasa akan terlihat pulih kedepannya karena telah banyaknya dosis vaksin yang telah disuntikan. Apabila data PMI dibanyak negara terus membaik maka pemulihan ekonomi global akan terjadi dan akan berdampak pada penguatan mata uang Dollar Australia kedepannya.

Gencatan senjata antara Israel dan Kelompok Hamas akhirnya terjadi setelah 11 hari berperang. Israel akan menghentikan serangan di Jalur Gaza tanpa syarat dan Kelompok Hamas akhirnya sepakat untuk melakukan penyerangan ke wilayah Israel. Pemerintah Amerika Serikat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Mesir, atas dialog kesepakatan gencatan senjata ini, sehingga kedepannya safe haven akan ditinggalkan oleh pelaku pasar.

Indeks saham Amerika Serikat terkoreksi naik pada penutupan pasar kemarin. Indeks saham Dow Jones naik 188 poin, S&P naik 1,1% dan Nasdaq naik 1,7%. Keadaan ini disebabkan adanya perdamaian ditumur tengah. Gencatan senjata antara Israel dan Palestina akan membuat konflik dikawasan teluk mereda sehingga membuat pemulihan ekonomi domestic dan global akan kembali terlihat kedepannya, walaupun dalam jangka pendek, tekanan turun pasar saham masih tetap ada.

Parlemen Eropa menghentikan ratifikasi perjanjian investasi baru dengan Pemerintah China. Keputusan ini diambil karena Pemerintah China memberikan sanksi terhadap 10 politisi Uni Eropa sebagai tanggapan terhadap kritik HAM kepada Pemerintah China. Jika masalah ini berkembang maka rantai pasokan bahan baku dunia akan terganggu dan akan membebani pertumbuhan ekonomi global.

The Fed mulai secara agresif untuk melakukan penelitian untuk penggunaan mata uang digital kedepannya. Project ini merupakan jawaban terhadap penggunaan mata uang digital yang saat ini menjadi salah satu instrument keuangan. Mata uang crypto saat ini menjadi alternatif instrument keuangan yang banyak dipergunakan oleh pelaku pasar untuk mebgimbangi safe haven emas. Dengan masuknya The Fed ke instrument keuangan ini maka membuat permintaan akan mata uang crypto dapat kembali melemah kedepannya.

Pergerakan Emas:
XAU/USD ini akan terlihat sideways dan akan menunggu konfirmasi pada harga penutupan hari ini. Range pair ini akan berkisar pada range 1836 – 1898

Please Share This Info: