Lokasi Wisata Air dan Rekreasi Arung Jeram Citarum

Obyek Wisata Air dan Rekreasi Arung Jeram Citarum

Sensasi Pemicu Adrenalin.
Arum jeram adalah aktivitas olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra, mengarungi bagian alur sungai yang deras, menggunakan perahu karet, kayak, kano, dayung, serta dilengkapi alat pengaman lainnya. Olahraga arum jeram merupakan salah satu “sport” yang mempunyai risiko tinggi. Tak banyak orang yang bisa melakukan olahraga petualangan ini. Namun, dengan penyedia jasa arum jeram komersil, telah membuat siapa saja bisa mencobanya.
Sungai Citarum yang ada di Desa Rajamandala, Cipatat, Kabupaten Bandung, merupakan salah satu sungai yang cocok untuk aktivitas arum jeram.

Sebelum melakukan aktivitas arung jeram, sebaiknya mengerti dahulu materi olahraga arus deras. Minimal teknik mendayung dan menyelamatkan diri di dalam air. Pastikan perlengkapan pribadi, seperti dayung, pelampung, helm, dan peluit lengkap. Pemanasan jangan lupa dilakukan juga. Di Citarum arung jeram pertama kali dilakukan di Indonesia. Di sini, terdapat arus-arus yang menantang dan menguji adrenalin. Beragam arus dimiliki Sungai Citarum, seperti main stream, standing wave, dan reverse stream. Pengalaman mengasyikan ketika standing wave (ombak yang tinggi, terbentuk karena perbedaan percepatan arus) kita jumpai. Perahu akan tergoncang keras. Meski dapat terjatuh akibat guncangan, namun merupakan bagian seru yang tidak boleh dilewatkan. Setiap medan yang dilalui mempunyai karakter yang memberikan sensasi tersendiri.

Aliran sungai Citarum cukup panjang. Kita akan menemui bagian flat (arus tenang). Saat itu, kita dapat memanfaatkan untuk beristirahat di perahu. Menikmati makanan ringan, serta melihat pemandangan tebing yang indah. Selain tebing, terdapat juga gua ataupun bebatuan lainnya. Gua yang berada di sekitar arus tenang dapat dijadikan “tempat” istirahat. Kicauan burung masih terdengar menambah kedamaian saat beristirahat sebelum melanjutkan pengarungan.
Namun jangan lupa. Ada banyak materi di Sungai Citarum yang bisa saja membahayakan diri kita. Misalnya saja stopper (batuan menyembul).

Stopper dapat menghalangi atau menghentikan jalannya perahu. Perahu bisa saja menempel di batuan saat menabrak stopper. Kerja sama tim diperlukan untuk membebaskan perahu dari cengkraman stopper. Selain stopper terdapat juga undercut yang harus di waspadai. Undercut merupakan pengikisan dinding sungai oleh arus yang menjadi sebuah bentukan seperti rongga. Undercut harus dihindari karena termasuk medan yang berbahaya. Awak perahu yang terjebak dalam undercut bisa saja tidak selamat.

Risiko dan bahaya yang bisa saja terjadi saat berarung jeram sebanding dengan kesenangan yang diperoleh. Petualangan saat mengarungi jeram Sungai Citarum sangat memuaskan dan tidak dapat dilupakan. Siapa saja yang ingin berlibur ke Kabupaten Bandung, tidak ada salahnya memilih olahraga arung jeram di Sungai Citarum. Rasakan sensasi yang member pengalaman menarik saat memacu adrenalin di jeram Sungai Citarum.

Please Share This Info:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *