Lonjakan Inflasi Mencapai Batas Tertinggi Apa Nasib Dollar AS?

Lonjakan inflasi dunia telah mencapai batas tertinggi, bagaimana nasib dollar AS?

Dollar AS dikenal sebagai mata uang tunggal paling populer di dunia dan merupakan mata uang cadangan dominan yang digunakan di seluruh dunia. Mata uang yang sering ditulis sebagai USD sesuai dengan kode ISO 4217 ini juga dirujuk sebagai US$ oleh Dana Moneter Internasional (IMF/International Monetar Fund). USD sering disebut ‘The Greenback’ karena mengacu pada warna hijaunya.

Sebagai mata uang favorit dalam perdagangan Forex, para trader tentunya sangat memperhatikan naik turunnya mata uang. Selain digunakan secara luas di dunia internasional, Dollar juga dijadikan sebagai kurs cadangan devisa di luar Amerika Serikat. Seperti yang terjadi pada Rabu petang (14/07) kemarin, di saat dollar AS mengalami penurunan tipis yang terjadi setelah lonjakan inflasi AS meningkatkan ekspektasi sebagai langkah awal Federal Reserve dalam memperketat kebijakan moneter.

Ada satu hal yang perlu digarisbawahi oleh para pelaku pasar. Hal tersebut merujuk pada harga konsumen AS yang mengalami kenaikan sebesar 0,9 persen pada bulan Juni lalu. Kenaikan tersebut tercatat sebagai level tertinggi dalam 13 tahun terakhir ini. Level tersebut menunjukkan ada lonjakan sebesar 5,4 persen dari tahun ke tahun sejalan dengan pemulihan ekonomi Amerika Serikat.

Please Share This Info:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *